Ekonomi jember saat ini

kami mendapat artikel terbaru yang terkait dengan kondisi ekonomi di jember baru-baru ini. Berikut artikelnya


Pertumbuhan Ekonomi Jember Lebihi Jatim

Rabu, 04 November 2009 19:19:35 WIB
Reporter : Heru Nugroho

Jember (beritajatim.com) - Rencana kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk tahun anggaran 2010, sebagai penjabaran tahun ke lima dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) mulai dibahas oleh Pemkab bersama DPRD Jember.

Rencana kerja yang banya diarahkan pada pertumbuhan ekonomi tersebut naga-naganya mulai menampakkan hasil yang maksimal. Dengan beberapa cara optimalisasi potensi lokal dengan memantapkan pembangunan infrastruktur wilayah guna pemerataan pembangunan maka pertumbuhan ekonomi masyarakat makin meningkat tajam.

Terbukti berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2006 hingga 2009, pertumbuhan ekonomi secara umum di kabupaten Jember menunjukkan kecenderungan naik sampai pada level paling tinggi yaitu, 6, 04 % dibandingkan dengan Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo. Bahkan bisa dikatakan telah melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi Propinsi Jatim.

Untuk itu� menurut Bupati Djalal, arah pembangunan untuk tahun 2010, Kab Jember ingin memenuhi palayanan dasar masyarakat, khususnya pada bidang pendidikan, pelayanan Kesehatan, dan infrastruktur pedesaan, serta menguatkan program-program penanggulan kemiskinan melalui pola pemberdayaan masyarakat berkelanjutan.

Disamping menfasilitasi dan memberikan bantuan modal secara stimulan pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), juga akan melanjutkan proyek-proyek infrastruktur strategis yang mempunyai manfaat luas bagi masyarakat.

Menurut Djalal jika dibandingkan APBD Tahun anggaran 2009, total pendapatan daerah pada APBD tahun anggaran 2010 diproyeksikan mengalami kenaikan sebesar 1,95% dari 1,29 triliun menjadi 1,31 triliun.

Kenaikan tersebut diantaranya pada pos pendapatan asli daerah (PAD) sebesar 21,86% dari 119,82 M menjadi 146,00 M, dan dana perimbangan mengalami kenaikan sebesar 2,55% dari 1,09 triliun menjadi 1,12 triliun.

Oleh karenanya, nantinya Pemkab Jember lewat kebijakan umumnya lebih mengoptimalisasikan keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai dalam peningkatan aksesbilitas, kapasitas, kualitas dan jangkauan palyanan berbagai infrastruktur masyarakat.

Yang pada kenyataannya telah mampu membeerikan dorongan serta dukungan kepada berbagai sektor perekonomian seperti pertanian, industri pengolahan dan perdagangan


dikutip dari:http://www.beritajatim.com/detailnews.php/1/Ekonomi/2009-11-04/48761/__Pertumbuhan_Ekonomi_Jember_Lebihi_Jatim

oleh ima^_^

 
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses